QRIS dan Kartu Kredit Virtual di BRImo

QRIS dan Kartu Kredit Virtual di BRImo

Virtual Credit Card BRI di BRIMO adalah fitur digital display yang memungkinkan pengguna aplikasi BRIMO dapat mengakses informasi limit, saldo tagihan, nomor kartu, masa berlaku dan CVV kartu kredit BRI, serta informasi lembar tagihan atas kartu kredit BRI yang telah terdaftar di aplikasi BRIMO. Selain itu, nasabah BRIMO juga dapat menggunakan kartu kredit BRI yang terdaftar di aplikasi BRIMO sebagai sumber dana untuk transaksi QRIS dengan metode MPM (merchant presented mode)

 

PANDUAN PENGGUNAAN KARTU KREDIT DI APLIKASI BRIMO

1. REGISTRASI & AKTIVASI KARTU KREDIT PADA APLIKASI BRIMO UNTUK KARTU KREDIT YANG TELAH OTOMATIS TERDAFTAR DI APLIKASI BRIMO

Kartu kredit yang telah sukses tertunggalisasi dengan CIF simpanan BRIMO akan dapat dilakukan aktivasi finansial melalui aplikasi BRIMO sebagai berikut:

 

  1. Login aplikasi BRIMO, kemudian pilih menu Kartu Kredit BRI
  2. Kartu kredit yang telah sukses tertunggalisasi akan muncul otomatis, pilih “klik detail” pada kartu kredit yang ingin dilakukan aktivasi finasial di aplikasi BRIMO.
  3. Pada laman Info Kartu klik tombol “Aktivasi” untuk melanjutkan proses registrasi.
  4. Nasabah akan ditampilkan informasi syarat dan ketentuan, kemudian klik tombol “setuju” untuk melanjutkan proses registrasi
  5. Input masa berlaku kartu kredit dan tanggal lahir nasabah, kemudian klik tombol “aktivasi” untuk melanjutkan proses registrasi
  6. Kode OTP akan dikirimkan secara otomatis melalui metode SMS ke nomor handphone nasabah yang terdaftar di BRI. Input kode OTP untuk melanjutkan proses registrasi
  7. Proses aktivasi telah berhasil dan nasabah telah dapat mengakses fitur digital display Virtual Credit Card, serta menjadikan Kartu Kredit BRI sebagai sumber dana untuk transaksi QRIS

 

2. REGISTRASI & AKTIVASI KARTU KREDIT PADA APLIKASI BRIMO UNTUK KARTU KREDIT YANG BELUM OTOMATIS TERDAFTAR DI APLIKASI BRIMO

Apabila Kartu Kredit BRI nasabah yang juga terdaftar sebagai User BRIMO aktif belum otomatis terdaftar di aplikasi BRIMO, maka nasabah dapat melakukan pendaftaran mandiri dengan langkah- langkah sebagai berikut:

  1. Nasabah Login di Aplikasi BRIMO, pilih lainnya
  2. Pilih Kartu Kredit
  3. Apabila ada kartu kredit yang belum terdaftar, maka nasabah dapat melakukan menambahkan kartu kredit secara mandiri di menu "tambahkan kartu kredit"
  4. Pilih tambahkan kartu kredit
  5. Masukkan nomor kartu, masa berlaku, CVV, tanggal lahir.
  6. Setelah nomor kartu, masa berlaku, CVV, tanggal lahir yang diinputkan oleh nasabah benar, maka akan lanjut di syarat dan ketentuan, kemudian pilih OK. Khusus untuk Kartu Kredit Indonesia Segmen Pemerintah GPN), nasabah dapat menginput tanggal lahir administrator yang terdaftar pada saat pengajuan aplikasi kartu kredit pemerintah atau yang terkini yang terdaftar di BRI Card Center.
  7. Jika nomor hp yang terdaftar di kartu kredit dan di BRIMO match, maka akan OTP akan terkirim ke whattsap. Apabila nomor handphone yang terdaftar di kartu kredit dan BRIMO berbeda, maka nasabah dapat menghubungi contact centre BRI untuk melakukan pengkinian nomor hp.
  8. Apabila OTP yang diinput benar, maka akan muncul notifikasi bahwa kartu kredit berhasil ditambahkan.
  9. Kartu kredit akan muncul dan siap digunakan untuk bertransaksi QRIS.

 

 3. PEMBAYARAN QRIS - SUMBER DANA KARTU KREDIT PADA APLIKASI BRIMO

  1. Pemegang Kartu pada BRIMO dapat menggunakan layanan Kartu Kredit pada aplikasi BRIMO untuk bertransaksi pembayaran (Source of Fund/Sumber Dana) melalui Metode QRIS.
  2. Untuk Menggunakan Pembayaran QRIS Sumber Dana Kartu Kredit pada Aplikasi BRIMO, yaitu:

  • Nasabah lakukan Scan QR MPM
  • Pilih tanda panah pada kotak nomor rekening untuk memilih sumber dana
  • Pilih kartu kredit yang akan dijadikan sumber dana untuk transaksi QRIS
  • Input nominal pembayaran dan pilih OK
  • Lakukan konfirmasi dan pilih OK untuk melanjutkan proses transaksi
  • Input 6 (enam) digit PIN
  • Transaksi berhasil dan bukti pembayaran akan langsung muncul pada aplikasi BRIMO
  1. Jumlah besaran nominal transaksi yang dapat digunakan pada QRIS BRIMO Sumber Dana Kartu Kredit tergantung dari Sisa Limit Kartu Kredit.
  2. Besarnya maksimum transaksi pada QRIS BRIMO Sumber Dana Kartu Kredit adalah sesuai dengan batas maksimum transaksi QRIS yang ditetapkan di aplikasi BRIMO
  3. Pemegang Kartu wajib melakukan pencocokan antara nominal transaksi dengan nominal yang diinput. Apabila terdapat kesalahan maka menjadi tanggung jawab Pemegang Kartu.

 

4. INQUIRY INFORMASI KARTU KREDIT BRI DI BRIMO

Setelah aktivasi finansial, nasabah dapat mengakses informasi limit, saldo tagihan, nomor kartu, masa berlaku dan CVV kartu kredit BRI yang telah terdaftar di aplikasi BRIMO. Dengan fitur informasi nomor kartu, masa berlaku, dan CVV ini akan mempermudah nasabah yang ingin bertransaksi di merchant online

  1. pilih menu Kartu Kredit BRI
  2. pilih tipe kartu kredit yang akan dilakukan inquiry informasi
  3. Informasi detail nomor kartu dan CVV masih di-masking. Nasabah harus mengklik tombol lihat CVV dan menginput PIN terlebih dahulu untuk melihat informasi detail nomor kartu dan CVV
  4. Input PIN
  5. Informasi nomor kartu dan CVV dapat dilihat. Tampilan ini tidak bisa disccreencapture dan tertutup otomatis setelah melewati jangka waktu tertentu

 

5. RIWAYAT TRANSAKSI

Nasabah juga dapat melihat informasi riwayat transaksi atas transaksi yang telah dilakukan dan belum diterbitkan lembar tagihan terbarunya

  1. Pilih Kartu Kredit BRI yang akan dilihat Riwayat transaksi penggunaan kartu kreditnya
  2. Didalam menu info kartu, Klik menu mutase
  3. Catatan / Riwayat transaksi kartu kredit akan langsung ditampilkan jika kartu kreditnya pernah digunakan bertransaksi
  4. Didalam menu mutasi dapat melihat detail transaksi dimana memuat informasi sebagai berikut:
  • Tanggal transaksi
  • Tanggal pembukuan
  • Nama merchant
  • Nominal transaksi

 

6. RIWAYAT TAGIHAN

Untuk transaksi yang telah terbit lembar tagihannya, nasabah dapat melihatnya pada Menu e-Statement yang terdapat di aplikasi BRIMO

  1. Pilih Kartu Kredit BRI yang akan dilihat tagihan bulanan kartu kreditnya
  2. Didalam menu info kartu, Klik menu mutasi
  3. Didalam menu info kartu, terdapat menu e-statement
  4. Klik pilih bulan untuk melihat pilihan bulan e-statement dan pilih bulan ingin dilihat tagihan kartu kreditnya.
  5. Setelah pilih bulan yang akan dilihat tagihan kartu kreditnya maka akan muncul rincian transaksi di dalam tagihan bulan tersebut.
  6. Didalam menu e-statement dapat melihat detail transaksi dimana memuat informasi sebagai berikut:
    • Tanggal transaksi
    • Tanggal pembukuan
    • Nama merchant
    • Nominal transaksi
  7. Selain itu didalam menu e-statement dapat melihat summary tagihan dimana memuat informasi sebagai berikut:
    • Pembayaran/Transaksi Kredit
    • Tagihan bulan sebelumnya
    • Transaksi ritel bulan terakhir
    • Transaksi tarik tunai bulan terakhir
    • Bunga dan biaya layanan
    • Total tagihan

 

SYARAT DAN KETENTUAN LAYANAN KARTU KREDIT PADA APLIKASI BRIMO

A. PENGERTIAN

  1. BRIMO adalah Aplikasi Keuangan Digital Bank BRI berbasis data internet untuk memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non nasabah BRI untuk dapat bertransaksi.
  2. Kartu Kredit adalah Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran Pemegang Kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan Pemegang Kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.
  3. Password Login BRIMO adalah sandi rahasia berupa kombinasi huruf dan angka yang hanya diketahui oleh pengguna aplikasi untuk proses login Aplikasi BRIMO.
  4. Pemegang Kartu adalah pengguna yang sah dari Kartu Kredit.
  5. Persetujuan Pemegang Kartu adalah segala aktivitas yang telah diperintahkan kepada BRI dan disetujui oleh Pemegang Kartu.
  6. PIN BRIMO adalah kode enam (6) digit angka pada Aplikasi BRIMO yang hanya diketahui oleh pengguna aplikasi dan berfungsi sebagai validitas transaksi.
  7. Sumber Dana atau Source of Fund (SoF) Kartu Kredit BRI adalah sumber dana yang berasal dari Kartu Kredit BRI untuk melakukan transaksi pembayaran dan bersifat hutang bagi pemegang kartu
  8. OTP (One Time Password) adalah sarana pengamanan dalam melakukan otentikasi transaksi oleh Pemegang Kartu yang berupa 6 (enam) digit angka yang dikirimkan ke nomor HP terdaftar dan digunakan untuk melakukan aktivasi dan registrasi Kartu Kredit pada Aplikasi BRIMO.
  9. Quick Response Code (QR) adalah alat untuk memproses suatu transaksi pembayaran yang menggunakan kamera pemindai
  10. Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.
  11. Kartu Kredit virtual Kartu Kredit BRI tanpa fisik kartu yang diintegrasikan ke dalam platform Brimo untuk menunjang digital lifestyle dan memberikan kemudahan bertransaksi online maupun bertransaksi melalui platform Brimo kepada pemegang kartu kredit BRI.
  12. Username BRImo adalah nama pengguna yang digunakan sebagai identitas akun pada aplikasi BRImo
  13. Sanggahan Transaksi adalah konfirmasi penolakan terjadinya suatu transaksi yang tidak dilakukan oleh pemegang kartu
  14. Hari Kerja adalah satuan ukuran waktu yang mengacu pada hari dimana operasional bisnis normal dilakukan.
  15. Tanggal Penagihan adalah tanggal ditagihnya transaksi-transaksi dan saldo terhutang lainnya. Tanggal ini setiap bulannya akan jatuh pada tanggal yang sama.
  16. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal batas akhir pembayaran atas Saldo Terhutang yang sudah harus diterima oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yaitu 17 (tujuh belas) hari sejak tanggal penagihan. Pembayaran minimum harus dilunasi setiap bulan pada atau sebelum tanggal jatuh tempo walaupun Anda belum menerima lembar penagihan. Pembayaran yang diterima setelah tanggal jatuh tempo akan dikenakan biaya keterlambatan. Karena diperlukan waktu beberapa hari pembayaran Anda, maka pastikan Anda melakukan pembayaran setelah tanggal penagihan atau sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

 

B. MENU KARTU KREDIT PADA APLIKASI BRIMO

  1. Pemegang Kartu harus melakukan Login pada Aplikasi BRIMO dengan menginput username dan password
  2. Layanan Kartu Kredit BRI pada Aplikasi BRIMO terdapat pada Menu Kartu Kredit BRI.
  3. Kartu Kredit BRI yang muncul pada Aplikasi BRIMO merupakan kartu kredit BRI dalam kategori Lancar, dengan semua jenis Kartu kredit BRI (kecuali corporate card dan Kartu Kredit Co-Branding Tokopedia Card, Traveloka Paylater Card, OVO U Card, Paper Card, dan NEX Card) berdasarkan kriteria tunggalisasi data simpanan dan kartu kredit yang berlaku di BRI.
  4. Informasi Umum Kartu Kredit BRI yang ditampilkan berupa:
  • Nomor Kartu Kredit BRI yang dapat ditampilkan secara lengkap dengan terlebih dahulu menginput PIN BRIMO
  • Jenis Kartu
  • Plafond atau batas maksimal limit kartu kartu kredit yang dapat digunakan oleh Pemegang Kartu untuk bertransaksi
  • Sisa Limit, nominal limit yang belum digunakan atau telah dilunasi oleh Pemegang Kartu yang dapat digunakan untuk bertransaksi
  • Masa Berlaku, yang merupakan masa kartu berlaku sampai dengan tanggal terakhir di bulan dan tahun yang tertera pada aplikasi. Kecuali telah dibatalkan atau ditutup sebelumnya oleh BRI Card Center atau atas permintaan pemegang Kartu. BRI Card Center berhak untuk memperpanjang masa berlakunya kartu apabila tidak terjadi tunggakan atau tidak ada penutupan kartu
  • Tagihan Outstanding, limit kartu kredit yang telah digunakan dan telah menjadi tagihan yang belum dibayarkan oleh Pemegang Kartu.
  • Kode CVV, 3 (tiga) digit yang digunakan untuk transaksi online, Pada kartu fisik, kode ini biasanya terdapat di bagian belakang kartu
  1. Kartu Kredit yang ditampilkan pada Aplikasi BRIMO harus dilakukan proses Aktivasi dan Registrasi untuk mendapatkan Layanan Pembayaran Transaksi melalui Metode QRIS.

 

C. REGISTRASI & AKTIVASI KARTU KREDIT PADA APLIKASI BRIMO

  1. Pemegang Kartu membuka Menu Kartu Kredit BRI pada Aplikasi BRIMO
  2. Pemegang Kartu memilih Kartu Kredit BRI yang akan dilakukan Registrasi & Aktivasi Kartu Kredit
  3. Pemegang Kartu Kredit mengklik “Aktivasi” pada Aplikasi BRIMO.
  4. Pemegang Kartu membaca, memahami, dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Kartu Kredit BRI untuk dilakukan Registrasi dan Aktivasi pada Aplikasi BRIMO.
  5. Pemegang Kartu melakukan Registrasi & Aktivasi Kartu Kredit dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Menginput data expired date dengan format (mm/yy)
  • Menginput data Tanggal Lahir dengan format (dd/mm/yyyy).
  1. Data Expired Date dan Data Tanggal Lahir harus sesuai dengan data yang terdaftar pada Sistem Kartu Kredit BRI. Apabila terdapat kesalahan dalam penginputan maka dalam beberapa saat kemudian tidak dapat dilakukan aktivasi & registrasi sehingga harus menunggu dengan jeda waktu tertentu untuk dapat dilakukan penginputan kembali data yang benar.
  2. Pemegang Kartu akan mendapatkan SMS OTP (One Time Password) sebagai sarana otentikasi yang dikirimkan ke Nomor Handphone Pemegang Kartu yang terdaftar di Sistem Kartu Kredit BRI.
  3. Pemegang Kartu menginput kode OTP (One Time Password) ke dalam Aplikasi BRIMO. Apabila terdapat kesalahan dalam penginputan kode OTP (One Time Password) maka tidak dapat dilakukan proses aktivasi & registrasi Kartu Kredit gagal danSehingga harus menunggu beberapa waktu untuk dapat dilakukan penginputan kembali.
  4. Terdapat Pemberitahuan “Aktivasi Finansial Berhasil”, serta terdapat  Status Kartu Kredit BRI “Aktif” pada Info Kartu.
  5. Kartu Kredit BRI Aktif akan muncul sebagai Sumber Dana pada Metode Pembayaran QRIS.
  1. Apabila Kartu Kredit BRI tidak muncul secara otomatis maka pemegang kartu dapat mendaftarkan sendiri Kartu Kredit BRI-nya melalui mekanisme sebagaimana telah dijelaskan dalam panduan registrasi dan aktivasi kartu kredit pada aplikasi BRIMO untuk kartu kredit yang belum otomatis terdaftar di aplikasi BRIMO

 

D. PEMBAYARAN QRIS - SUMBER DANA KARTU KREDIT PADA APLIKASI BRIMO

  1. Pemegang Kartu pada BRIMO dapat menggunakan layanan Kartu Kredit sebagai sumber dana pada aplikasi BRIMO untuk melakukan transaksi pembayaran (Source of Fund/Sumber Dana) melalui Metode QRIS.
  2. Untuk Menggunakan Pembayaran QRIS dengan Sumber Dana Kartu Kredit pada Aplikasi BRIMO, dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Pemegang Kartu memilih metode QRIS dan melakukan Scan Barcode.
  • Memilih Sumber Dana dengan memilih Kartu Kredit yang sudah aktif (registrasi dan aktivasi).
  • Menginput Nominal Pembayaran
  • Menginput PIN BRIMO.
  1. Jumlah besaran nominal transaksi yang dapat digunakan pada QRIS BRIMO Sumber Dana Kartu Kredit tergantung dari Sisa Limit Kartu Kredit.
  2. Besarnya maksimum nominal transaksi pada QRIS BRIMO dengan Sumber Dana Kartu Kredit adalah Rp.10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) atau reviewable sesuai ketentuan yang berlaku.
  3. Pemegang Kartu wajib melakukan pencocokan antara nominal transaksi dengan nominal yang diinput sebelum melakukan Transaksi Pembayaran. Kesalahan Transaksi merupakan tanggung jawab Pemegang Kartu.

 

E. PEMBAYARAN TAGIHAN KARTU KREDIT

1. Tagihan Kartu Kredit akan dikirimkan melalui email yang terdaftar.

2. Jumlah nominal tagihan yang timbul atas Transaksi Kartu Kredit Virtual BRI merupakan kredit yang menjadi tanggung jawab Pemegang Kartu sehingga wajib dilakukan pembayaran tagihan sesuai dengan ketentuan Kartu Kredit BRI.

3. Pemegang Kartu dapat mengajukan sanggahan transaksi atas tagihan melalui Contact BRI dengan mengisi formulir pernyataan sanggah transaksi pemegang kartu kredit. Sanggahan Transaksi akan diproses apabila diajukan selambat- lambatnya 30(tiga puluh) Hari Kalender dari tanggal transaksi. Setelah BRI menerima pengajuan sanggahan transaksi dan informasi/data yang dipersyaratkan, maka akan dilakukan proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada BRI.

4. Hasil dari proses sanggahan transaksi akan diberitahukan kepada Pemegang Kartu melalui Contact BRI

5. Pembayaran tagihan kartu kredit dilakukan melalui berbagai channel antara lain:

    1. Aplikasi BRImo
    2. Jaringan ATM BRI
    3. Jaringan ATM Link
    4. Untuk pembayaran melalui ATM di luar Jaringan ATM BRI, pilih menu Transfer

6. Pemegang kartu utama wajib melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo dalam ketentuan sebagai berikut :

  • Pembayaran minimum bulan tersebut wajib dibayar penuh, yakni 5%(reviewable sesuai ketentuan yang berlaku/regulator) dari total tagihan atau sebesar tagihan cicilan per bulan apabila terdapat transaksi yang dikonversi menjadi cicilan
  • Bila pembayaran dilakukan setelah lewat tanggal jatuh tempo, atau bila jumlah pembayaran kurang dari pembayaran minimum, maka BRI akan mengenakan biaya keterlambatan (late charges)

 

F. TRANSAKSI DI MERCHANT E-COMMERCE DENGAN SUMBER DANA KARTU KREDIT PADA APLIKASI BRIMO

Selain dapat digunakan untuk transaksi QRIS, Kartu Kredit BRI yang terdaftar di aplikasi BRIMO juga dapat digunakan untuk transaksi di merchant – merchant online. Anda dapat menggunakan nomor kartu kredit, masa berlaku, dan kode cvv yang tertera di aplikasi BRImo, serta kode OTP yang dikirimkan ke perangkat seluler Anda untuk bertransaksi di merchant – merchant online. Demi keamanan dan kenyaman Anda, pastikan Anda telah memahami panduan bertransaksi online sebagai berikut:

  • Bertransaksi di merchant / situs yang terpercaya (selektif)
  • Bertransaksi di merchant / situs yang telah terdaftar 3D Secure
  • Pastikan nomor seluler / ponsel anda sudah terdaftar di BRI Card Center, untuk memudahkan pengiriman kode OTP (one time password).
  • Cek testimoni dari customer / nasabah yang pernah bertransaksi sebelumnya.
  • Bertransaksi di PC atau Gadget milik pribadi, untuk menghindari keamanan data yang diinput di merchant online.
  • Hindari bertransaksi melalui jaringan wifi public
  • Lindungi Komputer (PC) / Gadget dengan Anti Virus dan Anti Spyware terkini.
  • Simpan bukti pembayaran online kartu kredit, sebagai bukti transaksi jika terdapat kekurangan atau perbedaan barang yang dibeli.
  • Jangan pernah memberikan 3 digit nomor di belakang kartu kredit Anda kepada pihak lain (CVV).
  • Jangan pernah memberikan kode OTP kepada Pihak Lain.
  • Bank BRI tidak pernah meminta Anda untuk menyebutkan angka 3 digit di belakang kartu (CVV) dan kode OTP
  • Segera hubungi Contact BRI 1500017 apabila Anda mengalami kendala saat transaksi online atau mendapatkan notifikasi atas transaksi yang tidak Anda lakukan

 

G. BUNGA DAN BIAYA – BIAYA

Dengan melakukan registrasi dan aktivasi Kartu Kredit BRI yang terdaftar di BRIMO Anda sepenuhnya telah memahami Biaya Bunga, Denda, dan Biaya – Biaya Administrasi lainnya yang akan dibebankan kepada Anda, antara lain:

  1. Biaya Bunga Transaksi Ritel, yang akan dikenakan apabila Anda tidak membayar tagihan secara penuh sebelum tanggal jatuh tempo
  2. Biaya Annual Fee yang dikenakan setiap tahun atas kepemilikan kartu kredit Anda
  3. Biaya Over Limit yang dikenakan apabila total tagihan Anda melebihi total limit
  4. Biaya Keterlambatan Pembayaran yang dikenakan apabila Anda melakukan pembayaran kurang dari minimum pembayaran atau pembayaran dilakukan setelah lewat tanggal jatuh tempo
  5. Biaya Penggantian Kartu
  6. Biaya Pencetakan Billing Statement
  7. Biaya Pencetakan Ulang Billing Statement
  8. Biaya Copy Sales Draft Lokal
  9. Biaya Copy Sales Draft Internasional
  10. Biaya Penggantian PIN
  11. Biaya Ringkasan Transaksi Tahunan
  12. Biaya Kenaikan Limit
  13. Biaya Penagihan
  14. Biaya Materai
  15. Biaya Notifikasi
  16. Biaya e-Billing
  17. Biaya Refund Saldo Kredit

Besarnya biaya – biaya di atas berbeda untuk setiap jenis Kartu Kredit Virtual BRI. Lihat Buku Panduan Kartu Kredit untuk mengetahui biaya – biaya secara lebih di laman kartukredit.bri.co.id

 

H. RISIKO YANG PERLU ANDA KETAHUI

Kartu Kredit BRI Anda yang terdaftar di aplikasi BRImo memiliki risiko untuk disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pastikan kerahasiaan dan keamanan PIN, username, password, OTP dan perangkat seluler yang Anda gunakan untuk login aplikasi BRImo. BRI telah melakukan langkah – langkah pengamanan untuk menghindari Anda dari penyalahgunaan kartu kredit, namun tidak menjamin Anda akan terbebas dari risiko penyalahgunaan.

Bank BRI tidak bertanggung jawab terhadap segala aktivitas transaksi finansial yang terjadi sebelum Pemegang Kartu melakukan pelaporan dan pemblokiran karena kartu kredit atau perangkat seluler anda hilang atau disalahgunakan oleh orang lain. Segera hubungi Contact BRI 1500017 untuk lakukan pelaporan dan pemblokiran apabila kartu kredit atau perangkat seluler mobile banking Anda hilang dan berpotensi disalahgunakan oleh orang lain.

 

I. LAYANAN PENGADUAN NASABAH

Anda dapat mengajukan pengaduan dan complain dengan menghubungi Contact BRI 1500017

 

J. AKTIVITAS DAN PENGGUNAAN KARTU KREDIT PADA APLIKASI BRIMO

  1. Segala aktivitas yang diperintahkan kepada BRI oleh Pemegang Kartu melalui otorisasi transaksi berupa Penginputan PIN, Password, OTP, yang telah dijalankan oleh BRI tidak dapat dibatalkan.
  2. Setiap perintah yang telah disetujui oleh Pemegang Kartu Kredit melalui otorisasi transaksi yang tersimpan pada pusat data BRI merupakan data yang benar yang diakui sebagai bukti perintah dari Pemegang Kartu kepada BRI untuk melaksanakan aktivitas/transaksi yang dimaksud kecuali dapat dibuktikan sebaliknya.
  3. Pemegang Kartu Pengguna menyetujui dan mengakui :
    • Bahwa catatan, tape/cartridge, print out komputer, salinan atau bentuk penyimpanan informasi atau data lain sebagai bukti yang sah atas adanya perintah dari Pemegang Kartu, demikian juga sarana komunikasi lain yang diterima atau dikirimkan oleh BRI kepada Pemegang Kartu, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya.
    • Dengan melakukan aktivitas melalui BRIMO, Pemegang Kartu mengakui semua komunikasi dan perintah dari Pemegang Kartu yang diterima BRI akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.
    • Sesuai ketentuan SE Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No.14/SEOJK.07/2014 tentang Kerahasiaan Data dan/atau informasi Pribadi Konsumen dan peraturan terkait lainnya, persetujuan Pemegang Kartu terhadap pemrosesan data pribadi Pemegang Kartu oleh BRI, Grup usaha dari BRI, serta pihak yang bekerjasama dengan BRI diperlukan untuk menerima layanan kami, yaitu sejak pengumpulan data, pemberian data, penggunaan data di antaranya digunakan untuk memenuhi kepatuhan terhadap regulasi, sejalan dengan komitmen BRI dalam menerapkan pemrosesan data yang aman untuk melindungi data pribadi Pemegang Kartu serta kegiatan penawaran produk, layanan, dan promosi yang sesuai dengan profil dan kebutuhan Pemegang Kartu terhadap layanan keuangan
    • BRI dapat mengirimkan informasi mengenai produk, program dan kegiatan lainnya sehubungan dengan peningkatan fitur, fasilitas dan/atau layanan Kartu Kredit BRI kepada pemegang kartu melalui media tulisan (elektronik maupun non elektronik). Pemegang kartu dapat melakukan penghentian atas pengiriman informasi tersebut melalui menu “Block” yang terdapat pada layanan email/whatsapp blast atau dengan menghubungi Contact BRI 1500017
    • Pemegang Kartu wajib merahasiakan Informasi Data Pribadi yang berupa Username, PIN, Password, OTP, masa berlaku Kartu Kredit, 3 (tiga) angka di belakang kartu dan data pribadi seperti tanggal lahir, NIK, nama gadis ibu kandung dan informasi rahasia lainnya kepada siapapun yang tidak berkepentingan. Kelalaian menjaga kerahasiaan Informasi Data Pribadi tersebut menjadi tanggung jawab Pemegang Kartu.

 

K. PENGHENTIAN AKSES DAN LAYANAN KARTU KREDIT MELALUI APLIKASI BRIMO

1. Akses layanan BRIMO akan dihentikan oleh BRI apabila:

  • Pemegang Kartu Pengguna meminta kepada BRI untuk menghentikan akses layanan secara permanen yang antara lain disebabkan karena: keinginan Pemegang Kartu Pengguna sendiri atau Pemegang Kartu Pengguna telah menutup rekeningnya yang terhubung dengan layanan Kartu Kredit melalui aplikasi BRIMO.
  • Diterimanya laporan tertulis/lisan dari Pemegang Kartu Pengguna mengenai dugaan atau diketahuinya Password oleh pihak lain yang tidak berwenang.
  • BRI melaksanakan suatu keharusan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

2. BRI berhak menghentikan layanan Kartu Kredit melalui aplikasi BRIMO untuk sementara waktu maupun untuk jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh BRI untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan atau untuk tujuan lain dengan alasan apapun yang dianggap baik oleh BRI, dan untuk itu BRI tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun.

 

L. FORCE MAJEURE

Pemegang Kartu membebaskan BRI dari segala tuntutan apapun, dalam hal BRI tidak dapat melaksanakan perintah dari Pemegang Kartu Pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan BRI termasuk namun tidak terbatas pada segala gangguan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau komponen membahayakan yang dapat mengganggu layanan Kartu Kredit pada Aplikasi BRIMO, web browser atau komputer sistem BRI, Pemegang Kartu Pengguna, atau Internet Service Provider, karena bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan BRI.

Dengan ini Pemegang kartu menyatakan bahwa BRI telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai Layanan Kartu Kredit pada Aplikasi BRIMO, Pemegang kartu telah membaca, memahami, dan menyetujui Syarat & Ketentuan Layanan Kartu Kredit pada Aplikasi BRIMO

Syarat & ketentuan ini telah disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan termasuk Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

 

M. PERLINDUNGAN DATA PRIBADI:

  1. Keamanan dan kerahasiaan data/informasi Pemegang Kartu merupakan hal penting bagi BRI. BRI berkomitmen memberikan upaya terbaik termasuk fisik, teknis, dan prosedur organisasi untuk melindungi dan mengamankan data/informasi Pemegang kartu dari akses pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.
  2. BRI akan menyimpan data/informasi Pemegang kartu sepanjang hal tersebut dibutuhkan untuk mencapai tujuan data/informasi tersebut dikumpulkan, ketika Pemegang kartu menggunakan Layanan BRI, atau sepanjang penyimpanan tersebut diharuskan atau diperkenankan sesuai dengan kebijakan retensi data milik BRI serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia
  3. BRI dapat mengumpulkan memproses, menggunakan, memanfaatkan dan menginformasikan baik melalui media elektronik maupun non-elektronik terhadap data/informasi Pemegang Kartu kepada regulator/partner/pihak ketiga/pihak terafiliasi lainnya yang bekerja sama dengan BRI untuk tujuan misalnya dalam rangka penyedian dan peningkatan layanan/fitur/fasilitas, melaksanakan perjanjian BRI dengan Pemegang kartu, memenuhi kewajiban hukum BRI, untuk tujuan lain yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undanganan, dan hal-hal lainnya sebagaimana tercantum dalam Pemberitahuan Privasi Bank pada tautan berikut: https://bri.co.id/privacy .
  4. Mohon untuk membaca dan mempelajari dengan seksama seluruh ketentuan-ketentuan dalam Pemberitahuan Privasi tersebut agar Pemegang kartu mengerti dan memahami bagaimana BRI melindungi dan memproses data dan informasi Pemegang kartu.